Senin, 18 Mei 2020

Tidak bisa kumpul Lebaran bersama, Yuks.. Daring Dengan Aplikasi Berikut Ini! #LebaranDaring

Greetings, blogger Fans!
ghestPER di sini.

Sebagian besar di seluruh dunia dan termasuk di Indonesia penggunaan aplikasi panggilan video melonjak tinggi sejak berlakunya PSBB. Jenis aplikasi panggilan video ini menjadi kebutuhan yang perlu bahkan mungkin wajib dimiliki sebagai pengganti pertemuan laring mulai dari rapat, meeting kerja, hingga proses belajar mengajar. Di bulan Ramadan kali ini, tentunya kalian tetap harus mengikuti kebijakan pemerintah mengenai aturan PSBB dengan tidak melakukan mudik/pulang ke kampung halaman yang tentunya bermanfaat untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19. Lalu, bagaimana cara kita bersilaturahim bersama keluarga di kampung halaman? Tentunya menggunakan teknologi. Dengan aplikasi panggilan video, kamu dapat melakukan kegiatan lebaran tanpa melanggar kebijakan PSBB. Dan kali ini, ghestPER akan merekomendasikan beberapa aplikasi panggilan video untuk mendukung kegiatan ini. Yuk kita bahas satu persatu di sini.

Google Meet
Google Meet sebelumnya merupakan aplikasi Google Hangout. Aplikasi ini adalah aplikasi panggilan video buatan Google yang dibuat gratis untuk semua orang sejak pandemi. Google Meet punya fitur keamanan dari Google, mengatur kualitas video, dan satu fitur unik yaitu closed captions (CC) di mana sangat memudahkan pengguna yang memiliki gangguan pendengaran (Namun saya belum mencobanya dalam bahasa Indonesia).


Google Meet dapat kamu akses menggunakan aplikasi di Android serta tanpa aplikasi tambahan untuk PC melalui web browser.

" Unduh Google Meet di sini
atau akses versi web melalui


Jitsi Meet
Jitsi meet adalah aplikasi panggilan video bersifat open source. Jitsi Meet mendukung 75 pengguna sekaligus dalam satu panggilan tanpa adanya batas waktu panggilan. Aksesnya juga sangat mudah dengan membagikan invitation link. Pengguna PC (Windows) bahkan tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan - tinggal buka linknya melalui browser.


Kekurangan aplikasi ini adalah tidak ada kontrol pengguna sebagai host. Maka dari itu, seluruh pengguna dapat melakukan banyak hal seperti mengeluarkan dan membisukan pengguna lainnya. Namun sekali lagi, dalam konteks kegiatan ini seharusnya bukan masalah.

" Unduh Jitsi Meet di sini
atau akses versi web melalui


UNDUH di sini

Whatsapp Messenger

Opsi paling mudah untuk melakukan kegiatan lebaran daring adalah dengan menggunakan Whatsapp. Whatsapp banyak digunakan oleh penduduk di Indonesia. Whatsapp telah memiliki fitur panggilan video sejak lama. Whatsapp juga ramah terhadap jaringan yang kita gunakan dengan melakukan proses kompresi.


Kekurangan dari aplikasi ini adalah batas pengguna yang dapat bergabung dalam satu panggilan hanya sedikit. Namun dalam konteks lebaran daring, mungkin tetap dapat digunakan.

" Unduh Whatsapp Messenger di sini
atau akses versi web melalui



Discord
Discord terkenal sebagai media komunikasi untuk pemain gim yang biasanya berjalan di latar. Namun Discord juga memiliki fitur panggilan video. Di Discord, kamu juga dapat menggunakan fitur lucu seperti voice changer. Jadi lebaran daring kamu dapat lebih mengesankan.



Discord tersedia di android dan PC melalui aplikasi.

" Unduh Discord di sini
atau akses versi web melalui

Punya aplikasi panggilan video lainnya?
Yuk bagikan melalui komentar!

Tetap sehat dan #DiRumahAja!

Sekian dari saya.

ghestPER.
Yuk..

#LebaranDaring
#JustForghestPERFans

Tidak ada komentar: